Selamat kepada 13 Siswa SMAN SBBS yang berhasil meraih 13 medali (5 Emas, 5 Perak dan 3 Perunggu) di OSN SMA 2012 ditingkat Nasional

Selasa, 12 Juni 2012

Kuota Penerimaan SNMPTN Naik 10 Persen

Jakarta --- Panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012 menyiapkan kurang lebih 15-16 ribu kursi tambahan bagi calon mahasiswa baru angkatan 2012. Berarti ada kenaikan 10 persen dari kuota awal penerimaan 164.697 kursi. 
 “Prinsipnya secara nasional sepuluh persen, tapi teknisnya ada di PTN,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh dalam konferensi pers di kantornya, Jakarta Senin (11/06).
Mendikbud mengatakan, setiap PTN memiliki pertimbangan untuk menentukan program studi mana yang harus ditambah. “Bisa jadi ada PTN yang menambah sembilan persen, namun di PTN lain sebelas persen”, katanya.
Ada dua pertimbangan yang mendukung pengambilan kebijakan ini. Pertama, infrastruktur PTN yang memungkinkan untuk menambah kuota. Kedua, perbaikan dalam rasio jumlah mahasiswa terhadap jumlah dosennya. “Kami berani menambah sepuluh persen, karena masih ada ruang pengoptimalan volume dan kualitas infrastruktur dan dosen,” katanya.
Kebijakan untuk menaikkan kuota sepuluh persen diambil dengan mempertimbangkan kenaikan jumlah pendaftar yang mencapai 14 persen. Meskipun penambahan kursi tidak sebanyak kenaikan jumlah pendaftar, namun dengan adanya penambahan ini akan memperluas kesempatan calon mahasiswa baru untuk sekolah di PTN pilihannya. (AR)
http://kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/387

Tidak ada komentar:

Posting Komentar